Senin, 06 November 2017

Alasan Dinasti Qajars Menggunakan Banyak Kata dari Bahasa Arab Dalam Bahasa Persia



 Bahasa Arab

Bahasa Arab
Alasan Qajars Menggunakan Banyak Kata dari Bahasa Arab Dalam Bahasa Persia
Sebelum mengetahui alasan kata Bahasa Arab yang digunakan dalam Bahasa Persia, maka pertama ketahuilah dulu apa yang dimaksud dengan istilah Qajars? Dinasti Qajar adalah dinasti kerajaan Iran asal Turki , secara khusus dari suku Qajar, yang memerintah Persia (Iran) dari tahun 1785 sampai 1925. Negara yang diperintah oleh dinasti tersebut secara resmi dikenal sebagai Negara Bagian Persia yang agung. Keluarga Qajar menguasai penuh Iran pada tahun 1794, menggulingkan Lotf 'Ali Khan, Shah terakhir dari dinasti Zand, dan menegaskan kembali kedaulatan Iran atas sebagian besar Kaukasus.  


 
Bahasa Arab
 Qajars seperti kekaisaran Ottoman yang terkenal di dunia. Mereka melihat menggunakan kata kunci bahasa Arab dalam bahasa Persia dan Turki sebagai tanda kecerdasan intelektual.  Inilah kehendak Mozaffaredin Shah, salah satu Qajar Shahs Iran. Dia menggunakan kata kunci bahasa Arab yang ekstensif sampai-sampai pembicara Persia rata-rata tidak dapat memahaminya kecuali dia mengenal bahasa Arab atau memiliki kamus bahasa Arab ke bahasa Persia. Kekaisaran Qajars dan Utsmaniyah berpikir bahwa Al- Quran berbahasa Arab maka bahasa Arab adalah bahasa terbaik di luar sana yang dipercaya. Beberapa ulama beragama islam semakin jauh menegaskan dan membenarkan bahwa bahasa surga adalah bahasa Arab!

Bahasa Arab
 Itulah sebabnya mengapa Qajars percaya bahwa dengan memasukkan banyak kata bahasa Arab kedalam bahasa Persia akan berdampak baik pada kepemerintahannya pada masa itu. Tentang Al-Quran, Al-Quran ditulis dalam bahasa Arab bukan karena ini adalah bahasa terbaik di dunia, Al-Quran ditulis dalam bahasa Arab sebenarnya karena memang orang-orang di Arab pada waktu itu berbicara dengan menggunakan bahasa Arab. Jika dikirim ke orang lain yang berbicara bahasa lain, itu akan ditulis dalam bahasa orang- orang itu. Bukankah begitu? 
Bahasa Arab
Allah memberikan wahyu kepada nabi dan diungkapkan kepada umat muslim disana yang menggunakan bahasa Arab, maka mereka akan mengerti maksud wahyu itu jika diberikan dengan bahasa Arab. Selanjutnya terkait bahasa Persia yang mulai luntur terkikis oleh bahasa Arab, Atatürk dan Reza Shah datang dan mengubah pola pikir itu. Mereka mendirikan akademi untuk mempromosikan bahasa mereka dan melindungi integritas bahasa-bahasa tersebut.


Baca juga info : kursus bahasa arab
 
Bahasa Arab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar